English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, April 6, 2011

Home » , » 7 Binatang Berkantung

7 Binatang Berkantung

1. Kangguru (Macropus)
Kangguru adalah hewan berkantung paling terkenal. Berasal dari Australia. Nama kangguru berasal dari bahasa Aborigin gangguru. Dahulu, pada abad ke 17, James Cook mendarat di Australia. Ia melihat seekor kangguru. Ia lalu bertanya pada salah seorang dari suku Aborigin. Katanya : "What is the name of this animal?". Suku Aborigin tersebut tidak mengerti bahasa Inggris, jadi ia menjawab "Gangguru." yang berarti saya tidak mengerti maksud anda. Tetapi Cook mengira itu adalah nama hewan tersebut. Maka Cook menyebut nama hewan tersebut "KANGAROO", karena gangguru mirip dengan kangaroo.


2. Koala (Phascolarctos cinereus)
Koala juga berasal dari Australia. Nama koala berasal dari bahasa Aborigin yang berarti tidak minum. Koala jarang sekali minum, karena daun Ecaliptus yang dia makan mengandung cukup banyak air.








3. Tazmanian Devil (Sarcophilus harrisii)
Tazmanian devil terdapat di Pulau Tazmania, Australia. Tazmanian Devil adalah hewan dengan gigitan terkuat dengan tekanan 200 PSI. Karena hal itulah, hewan ini disebut Tazmanian Devil atau Setan Tazmania.










4. Wombat (Vumbatidae)
Wombat adalah kerabat dari koala. Wombat ditemukan di Australia. Wombat adalah hewan buruan Tazmanian Devil. Wombat sangat besar, panjangnya + 1 meter. Metabolisme nya lamban. Untuk mencerna makanann seluruhnya, ia memerlukan waktu 14 hari.










5. Harimau Tazmania (Thylacinus cynocephalus)
Seperti Tazmanian Devil, Harimau Tazmania berasal dari Pulau Tazmania. Hewan ini adalah hewan berkantung terbesar. Hewan ini punah pada tahun 1936. Tetapi, saat ini ilmuwan telah berhasil menghidupkan kembali gen Harimau Tazmania dengan cara menyuntikan materi genetik Harimau Tazmania, lalu disuntikan ke embrio tikus. Hewan ini disebut harimau karena corak di punggungnya.






6. Kangguru Pohon (Dendrolagus pulcherrimus)
Kangguru Pohon ditemukan di Papua, Indonesia , dan juga Papua New Guinea. Hewan ini dinamakan dengan nama tersebut karena mirip dengan hewan kangguru. Hewan ini hidup di pepohonan dan di hutan.






7. Oposum (Didelphidae virginiana)
Oposum ditemukan di Amerika Serikat. MErupakan hewan sejenis tikus. Ia sering disebut posum.
============================================================

No comments:

Post a Comment

comments powered by Disqus


Web Informer Button